Home Berita PERKETAT PROKES, KODIM KOTA YOGYAKARTA TERIMA PASUKAN BKO

PERKETAT PROKES, KODIM KOTA YOGYAKARTA TERIMA PASUKAN BKO

106
0

Yogyakarta,Peloporkrimsus.com – Kodim 0734/Kota Yogyakarta menerima bantuan sebanyak dua pleton pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) yang terdiri dari Batalyon Armed 3/105 Tarik, Batalyon Infanteri 403/WP dan dari personel Korem 072/Pmk. Minggu 04 Juli 2021. Pasukan ini ditugaskan untuk membantu pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Yogyakarta sejak diberlakukannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Yogyakarta.
.
Serah terima pasukan dilakukan langsung oleh Kepala Staf Kodim Letkol Arh Tjatur Supriyono, S.Si., M.Sc di Makodim 0734/Kota Yogyakarta. Lebih lanjut, pihaknya menyebut adanya pasukan BKO ini karena kewaspadaan meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kota Yogyakarta.

“Pasukan BKO yang terdiri dari Batalyon Armed 3/105 Tarik, Batalyon Infanteri 403/WP dan dari personel Korem 072/Pamungkas semuanya berjumlah 60 orang, rencana selama 18 hari mulai hari Sabtu kemarin mereka bertugas. Tugas kegiatannya melaksanakan penegakan protokol kesehatan membantu kegiatan yang selama ini sudah dilaksanakan jajaran Koramil dan Kodim 0734/Kota Yogyakarta,” terang Letkol Tjatur.

Terlebih, lanjut Kasdim, “wilayah Kota Yogyakarta yang merupakan Kota Wisata ini dianggap perlu mendapatkan bantuan pasukan BKO untuk mengoptimalkan pelaksanaan protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.”

Selain penegakan protokol kesehatan, anggota BKO juga akan melaksanakan sosialisasi pencegahan covid19 dengan gerakan 5 M dan 3T kepada masyarakat. Kasdim berharap tugas dapat dilaksanakan secara profesional dan humanis sehingga tidak muncul kesan arogansi kepada masyarakat.

Ia juga menjelaskan bahwa situasi dan kondisi berbeda antara tugas di batalyon dan BKO di satuan teritorial.

“Nantinya personel BKO akan disebar, penempatannya di koramil-koramil sebagai penanggung jawab adalah Dandim 0734/Kota Yogyakarta dan secara teknis dan taktis penanggung jawab adalah para Danramil masing-masing,” pungkasnya.(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here