Home Berita Rumah Peradaban KARS Mantewe: Pelajar Jelajahi Keindahan Zaman Purba

Rumah Peradaban KARS Mantewe: Pelajar Jelajahi Keindahan Zaman Purba

157
0

peloporkrimsus.com, Kabupaten Tanah Bumbu tidak hanya kaya akan keindahan alamnya, tapi juga memiliki warisan bersejarah yang memukau. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) baru-baru ini mengenalkan destinasi edukatif yang menarik, yakni Rumah Peradaban KARS Mantewe Situs Cagar Budaya Liang Bangkai. Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Budporapar) Kabupaten Tanah Bumbu memainkan peran kunci dalam membawa pelajar setempat merasakan keajaiban situs bersejarah ini.

Kepala Dinas Budporapar Tanbu, Syamsuddin diwakili Sekretaris Dinas Budporapar Muhammad Zabir, mengawali acara yang berlangsung pada 2-3 Desember 2023. Rumah Peradaban Kars Mantewe menjadi sarana informasi dan wadah hasil-hasil penelitian arkeologi yang diakses oleh puluhan pelajar dari berbagai sekolah, seperti SMPN Mantewe, SMPN Karang Bintang, SMPN Simpang Empat, dan SMP Kodeko. Dosen Sejarah FKIP ULM Banjarmasin, Mansyur, turut hadir sebagai narasumber yang memperkaya pengetahuan peserta.

Muhammad Zabir, menjelaskan bahwa kunjungan lapangan ke situs arkeologi Goa Liang Bangkai (Karst Mantewe) menjadi destinasi pendidikan yang tak hanya memikat mata, tapi juga menumbuhkan pengetahuan pada siswa.

“Melalui kunjungan lapangan ini, para murid bisa belajar memaknai nilai-nilai kehidupan masa lampau, dengan dipandu oleh para peneliti arkeologi atau sejarawan,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Tanah Bumbu memiliki 15 Objek Cagar Budaya di beberapa Kecamatan. Salah satunya, Situs Cagar Budaya Goa Liang Bangkai, menyimpan fosil manusia purba dan lukisan di dinding batu yang diduga dibuat oleh manusia purba zaman dahulu.

Muhammad Zabir menegaskan bahwa Dinas Budporapar Tanah Bumbu berkomitmen penuh terhadap kemajuan kebudayaan, pelestarian, dan perlindungan Cagar Budaya di Tanah Bumbu. Destinasi edukatif semacam Rumah Peradaban KARS Mantewe menjadi langkah positif dalam membawa warisan bersejarah lebih dekat dengan generasi muda. (Nata/team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here