Home Berita Sosialisasi Pelayanan Klaim Taspen Dan Pembayaran Pensiun Pertama Di Jombang

Sosialisasi Pelayanan Klaim Taspen Dan Pembayaran Pensiun Pertama Di Jombang

544
0

Jombang, peloporkrimsus.com – Ratusan ASN pengelola kepegawaian di lingkup Pemkab Jombang pada , Rabu 14/11/2018 bertempat di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang menerima materi dari PT. Taspen Persero terkait Pelayanan Klaim Taspen dan Pembayaran Pensiun Pertama.

Agenda ini dibuka oleh Sekdakab Jombang, Dr. H. Akhmad Jazuli SH, MSi mewakili Bupati Jombang. “ Atas nama pemerintah Kabupaten Jombang, saya mewakili Ibu Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya PT. Taspen Persero dan bank BTPN atas kerjasamanya”, tutur Sekda jazuli mengawali sambutannya.

Disampaikan oleh Sekda Jazuli, bahwa kesejahteraan ASN merupakan dambaan kita bersama baik pada masa aktif maupun saat telah memasuki purna bakti (pensiunan), sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang yang menyebutkan bahwa salah satu Hak ASN adalah mendapatkan gaji yang adil dan layak sesuai dengan beban kerja, tanggungjawab dan resiko pekerjaan. “ASN itu pekerjaan yang keramat dan keramut, untuk itu mari senantiasa kita selalu mensyukuri nikmat Alloh SWT, dan tetap bekerja dengan baik ”, tutur Sekda Jazuli.

Sosialisasi ini sebagai salah satu bentuk pelayanan proaktif bagi ASN di lingkup pemkab Jombang agar kesejahteraan ASN yang layak dan adil benar-benar terwujud. Sosialisasi pelayanan ketaspenan ini juga merupakan langkah awal untuk memberikan pemahaman akan hak juga kewajiban dan prosedur pengurusan bagi peserta Taspen. Selama ini, semua orang baru tahu tentang Taspen pada saat menjadi ASN dan nanti baru tahu lagi saat mau pensiun. Sehingga selama masa jabatan itu tidak mengetahui apa saja hak-haknya tersebut dan tak paham apa Taspen tersebut.

“Saya menghimbau kepada peserta agar menyampaikan informasi yang didapatkan kepada rekan-rekan kerja yang lain di dinas masing-masing. Sehingga seluruh ASN mengetahui manfaat taspen dan mengetahui kapan bisa menikmati manfaat taspen. Baik informasi terkait regulasi, mekanisme, dan prosedur pembayaran tabungan pensiun. Saya berharap sosialisais ini dapat menjadi bekal bagi asn di lingkungan pemkab jombang dalam mempersiapkan masa purnabakti yang lebih baik”, pungkas Sekda Jazuli.

Gunadi, dari PT. taspen Persero Surabaya menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan komitmen PT. Taspen untuk meningkatkan pelayanan kepada ASN, melalui inovasi pelayanan Taspen tahun 2015 yaitu : layanan klaim otomatis, mobil layanan taspen, mitra layanan taspen dan service point, sehingga proses tidak berbelit-belit, dan selesai dalam hitungan hari.

Layanan klaim otomatis adalah pembayaran manfaat tabungan hari tua dan pensiun kepada pejabat negara/ASN yang dilakukan oleh Taspen secara proaktif sehingga peserta dapat langsung menerima manfaat tanpa harus mengurus atau datang ke Taspen.

Dengan pengajuan klaim otomatis, peserta tidak perlu datang langsung ke PT. Taspen di Surabaya. Peserta PT. Taspen yang akan pensiun hanya harus menyiapkan berkas yang diperlukan enam bulan sebelum masa pensiun. Karena PT. Taspen yang akan mengirimkan ke rekening peserta. ASN yang purnatugas tidak harus datang ke PT. Taspen. Enam bulan sebelum pensiun, hanya perlu menyiapkan berkas dan menyerahkan ke BKDPP kabupaten Jombang, dan akan dikirimkan uangnya pada tanggal 1, dan tanggal 2 sudah masuk ke rekening.

Melalui sosialisasi yang diberikan, diharapkan seluruh ASN di kabupaten Jombang akan semakin memahami secara benar tentang manfaat Taspen atau tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri.

“Ini adalah Balas Jasa dari Pemerintah atau negara kepada ASN yang telah melaksanakan tugas untuk negara”, pungkas Gunadi. (Hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here