Home Berita Stikes Yahya Bima Raih Akreditasi B, Zulkarnain: Tahun Depan Kami Buka Profesi...

Stikes Yahya Bima Raih Akreditasi B, Zulkarnain: Tahun Depan Kami Buka Profesi Ners

675
0

Bima, Peloporkrimsus.com – Sekolah tinggi ilmu kesehatan Stikes Yahya bima baru baru ini meraih predikat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN -PT dan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan tinggi Kesehatan LAM PTKES.  pencapain tersebut merupakan usaha kerja keras selama bertahun tahun, akreditasi tersebut sudah memenuhi unsur antara lain Kualifikasi dosen rata rata S2.selain itu infrastruktur yang memadai hal inilah penilain khusus badan akreditasi demikian ujar Pembina Yayasan Stikes Yahya,Yahya,S.KM.M.KES saat menggelar konfrensi pers Sabtu (02/11/19) dilingkup Kampus setempat.

Dijelaskan,sebagai lembaga Swasta yang sudah berumur 9 tahun merupakan bukan waktu yang mudah mencapai akreditasi B, sumber daya manusia yang dimiliki kami tenaga pengajar kualifikasi rata rata S2.

“Insyaallah kami tetap menyiapkan kualitas  yang terbaik apalagi sekarang kami diminta Kemendikbud untuk merubah status menjadi Institut kesehatan pertama yang ada di Bima,”tambahnya.

Kata dia, besar keyakinan kami tahun depan akan dibuka jurusan profesi Ners dan jurusan Kesehatan masyarakat, dengan didukung usaha dan capaian yang mendukung seperti menyediakan tenaga pengajar alumni Taiwan merupakan kebanggan tersendiri bagi kami dalam manajemen Stikes Yahya.

Sementara itu Kabid P2PL Dikes Kota Bima mengaku Akreditasi yang dimiliki oleh Stikes Yahya patut kita bersyukur atas peraihan ini memang untuk mendapatkan akreditasi tersebit harus memenuhi kualifikasi yang memadai namun dengan sumber daya yang dimiliki Lembaga ini mampu memberikan progres yang terbaik seperti alumni lainnya banyak yang sudah dipakai lembaga kesehatan lainnya.

“Kami mendorong tenaga kesehatan harus memiliki STR lebih khususnya Stikes Yahya karna penyelenggara kesehatan harus memiliki STR sehingga kedepannya dapat dipakai lembaga kesehatan,oleh sebab itu kami dorong Stikes Yahya untuk bisa mendorong para alumni memilki tenaga sertivikat STR jurusan masing masing,”harapnya.

Dia mengisyartkan, pentingnya memiliki sertivikat kompetensi STR itu wajib tanpa adanya keahlian maka belum dipastikan Perawat atau Dokter karna hanya sarjana, beda dengan kalau sudah memiliki STR tentu dikatakan profesional.

Sementara Wakil Ketua Stikes Yahya Zulkarnain S.Kep,M.Kep mengatakan pada tahun 2017 sebelumnya lembaga memiliki akreditasi C, namun pada tahun 2018 kami mengajukan akreditasi B namun tahun 2019 SK Akreditasi B resmi kami dapatkan dari BAN PT dan LAM PTKES dengan predikat terbaik. proses mendapatkan akreditasi tersebut melalui banyak tahapan yang mesti dilewati.

“Termasuk para tenaga pengajar dosen rata rata kualifikasi S2 dan lolos Sertivikasi dosen dan alumni universitas ternama dalam dan luar negeri itu suatu kebanggan kami,”katanya.

Dikatakanya, para dosen komitmen membangun Stikes Yahya,diakuinya antara lain dengan upah yang layak. Masyarakat tidak perlu ragu Stikes yahya sudah meningkatkan  kemampuan yang unggul dan penguna lulusan kami sudah banyak. dipakai berbagai lembaga kesehatan. jaminan masa depan cemerlang dengan pencapaian yang maksimal dan bersama untuk mencapai kemajuan program kedepan.

Dia juga menyebutkan tahapan sarana dan prasaran rujukan untuk mendapatakan akreditasi  Lam PTKES dengan penilain akreditasi nominasi B insyallah perubahan target kami tahun 2020 sudah jadi status Instiut Kesehatan Yahya Bima puungkasnya.

Untuk diketahui Stikes Yahya saat ini memili program studi Yakni Keperawatan, dan jurusan Kebidanan. namun ditahun 2020 akan membuka program studi tambahan Kesehatan Masyrakarat dan profesi Ners.(Rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here