Home Berita Tingkatkan Keterampilan Jelang Pemilihan Umum, Linmas Desa Gamping Adakan Latihan

Tingkatkan Keterampilan Jelang Pemilihan Umum, Linmas Desa Gamping Adakan Latihan

338
0

Sidoarjo, Peloporkrimsus.com – Pelaksanaan pemilu serentak segera digelar rabu (17/04/19) bulan depan, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerusuhan dalam pemilu tersebut, maka Jajaran Kepolisian Sektor Krian dan Koramil 0816/09 Krian mengadakan pelatihan pengamanan terhadap anggota Linmas atau Hansip di Desa Gamping Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, minggu (17/03/19).

Bertempat di Pendopo Balaidesa Gamping, acara ini dihadiri perwakilan dari Polsek Krian dan Koramil krian serta Segenap Perangkat Desa Gamping dan 36 Linmas.

Kapolsek Krian Kompol Muhammad Kholil S.H, M.H, melalui Binmas Gamping Gopoer mengatakan,” kegiatan yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk memberikan pencerahan dan pengetahuan serta latihan kedisiplinan terhadap anggota Linmas, sebagai bekal dalam melaksanakan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Materi yang diberikan diantaranya, mengenai Undang-Undang Pemilu, baris berbaris dan teknis pengamanan di TPS . Dalam Pemilihan Umum Presiden, DPD, DPR RI, DPRD propinsi dan DPRD kabupaten 2019 itu, Linmas memiliki fungsi yang sangat penting, sehingga kedisipian dan ketrampilan mereka harus ditingkatkan.

“Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan bisa menumbuhkan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab dari anggota Linmas dalam melaksanakan pengamanan di TPS,” ujar Binmas Gamping Gopoer.

Terkait dengan pelaksanaan pilkada itu, lanjutnya, sebanyak 36 anggota Linmas yang mengikuti latihan tersebut akan ditempatkan pada 13 TPS yang didirikan di Desa Gamping, Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Sementara itu, Danramil 0816/09 Krian Kapten Inf. Siswanto yang diwakili Serma N Gultom menerangkan,” bahwasanya Anggota Linmas yang dulu terkenal dengan sebutan Hansip memegang peranan penting dalam mengamankan TPS, sebab hanya anggota Linmas yang boleh berada di dalam area pemungutan suara tersebut.

Ia juga mengatakan,” sesuai ketentuan, Personel Polisi dan TNI tidak diperkenankan berada di dalam TPS. Linmas lah yang kemudian diharapkan bisa menjaga keamanan TPS,” ujar Babinsa Gamping Serma N. Gultom. (Tfq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here