Home Berita TNI Berikan Wawasan Kebangsaan Pada SMA 6 Jogjakarta

TNI Berikan Wawasan Kebangsaan Pada SMA 6 Jogjakarta

235
0

Jogjakarta, peloporkrimsus.com – Danramil 03 Gondokusuman Kodim 0734/Yka Kapten INF Surono memberikan materi wawasan kebangsaan kepada Siswa baru SLTA (sekolah lanjutan tingkat atas) diikuti oleh siswa-siswi SMA N 6 jogjakarta, pada hari Rabu Tgl 17 Juli 2019. Kegiatan berlangsung di Aula SMA N 6 Jogjakarta Jl. Kahar Mujakar No.1 , yang diikuti oleh 288 Siswa Siswi.

Danramil 03/Gondokusuman Kapten inf Surono memaparkan kondisi wawasan kebangsaan bangsa Indonesia saat ini sangat perlu sekali. Wawasan kebangsaan yang di sampaikan ini sangat di perlukan terutama saat masa tahun ajaran baru dengan, saat ini giat pemuda sudah mulai luntur. Justru yang berkembang adanya kurang kesadaran para pemuda utk melakukan hal hal yg bersifat kurang perduli dengan adanya media sosial melalui alat komunikasi yg berkembang pada era saat ini. Mengakibatkan para pemuda dekade ini kearah yang sempit dengan ditandai tuntutan mereka utk meninggalkan tradisi dan adat istiadat, baik dari kelompok masyarakat di beberapa daerah maupun perkotaan. Belum lagi ancaman multi dimensi di era globalisasi saat ini. Oleh karena itu, kepada generasi muda khususnya para pelajar sederajat SMA sangat perlu diingatkan kembali tentang wawasan kebangsaan terutama Nasionalisme dan cinta tanah air. Hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estapet kepemimpinan bangsa Indonesia, kata Danramil 03 Gondokusuman Kapten inf Surono.

Lebih lanjut Kapten inf Surono  menjelaskan tentang Nasionalisme dan cinta tanah anah air adalah tulang sumsum dari kecintaannya kepada NKRI. Karena pemahaman NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. Rasa kebangsaan merupakan sublimasi dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa di dunia, Paham kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi dengan semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan, sedangkan semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan. Semangat kebangsaan akan terpancar dari kwalitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman. Sesuai dengan sumber daya manusia itu sendiri sehingga dengan adanya pembekalan Nasionalisme dan cinta tanah air ini para pemuda sudah punya bekal utk menangkal ancaman masa depan. Tegas Kapten inf Surono.(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here