Home Berita Warga Dusun Kumalasa Bawean Hadiri Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di...

Warga Dusun Kumalasa Bawean Hadiri Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Baiturrahman.

195
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Setiap 27 Rajab umat muslim memperingati Hari Ultahnya Salat atau peristiwa penting, yakni Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Dimana Isra Mi’raj adalah peristiwa saat nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menuju langit ke-7 untuk mendapatkan wahyu berupa kewajiban salat lima waktu.

Kegiatan ini dilaksanakan Pukul 20:00 WIB di Masjid Baiturrahman Dusun Kumalasa, Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik Jawa Timur di Pulau Bawean, Jum’at (17/2/2023) malam.

Turut hadir Kepala Desa Kumalasa Idham Cholik, S. Pd, beserta seluruh jajaran Pemerintahan Desa, Tokoh masyarakat dan agama, Segenap panitia pelaksana kegiatan serta warga Dusun Kumalasa.

Pembukaan acara Isra Mi’raj diisi dengan beberapa serangkaian kegiatan seperti lantunan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Ustadz Hosaemi, Hadrah dari Pesantren Nurul Ulum asuhan Ustadz Jamaluddin, Sambutan Kades Kumalasa Idham Cholik serta ceramah agama Isra Mi’raj dan ditutup doa bersama yang dipimpin langsung oleh Kiai Rofiq Anwar.

Dalam sambutan Kades Idham Cholik menyampaikan, rasa terimakasih kepada warga Dusun Kumalasa khususnya segenap panitia pelaksana kegiatan beserta pengurus masjid Baiturrahman yang telah ikut membantu terselenggaranya acara Isra Mi’raj ini, dan telah ikut menyumbangkan tenaga, pikiran serta waktu sekaligus bantuannya. Ia, berharap semua kebaikan ini nantinya di balas oleh Allah SWT.

“Kegiatan Isra Mi’raj yang digelar malam ini mengingatkan kita semua terhadap satu peristiwa penting dan luar biasa tentang perintah salat. Dimana kita semua untuk bersama-sama mengevaluasi diri tentang ibadah, apakah selama ini salat yang kita laksanakan sudah ada peningkatan atau penurunan”, ungkap Idham Cholik.

Hadir sebagai penceramah Ustadz Abdul Aziz, SH, mengungkapkan, Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Kemudian Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha.

“Buraq adalah kendaraan yang digunakan Rasulullah SAW untuk melakukan perjalanan malam atau yang juga disebut dengan peristiwa Isra Mi’raj. Kendaraan ini dijelaskan dalam hadits melaju sangat cepat hingga dapat membantu Rasulullah SAW mempersingkat waktu perjalanan hanya dalam satu malam”, katanya.

Lebih lanjut, Abdul Aziz mengatakan, dalam peringatan isra mi’raj 27 Rajab 1444 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 18 Februari 2023 Masehi ini, merupakan peristiwa penting bagi umat Islam dan di momen ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk melaksanakan salat lima waktu dalam sehari semalam. Perintah itu lah yang dilaksanakan oleh umat Islam hingga saat ini.

“Orang yang taat beribadah dalam melaksanakan salat lima waktu, oleh Allah SWT akan dicabut barakahnya jika termasuk dari tiga hal ini diantaranya: Orang yang mengerjakan salat bukan karena Allah SWT, Orang yang suka menyakiti hati kedua orang tuanya, dan orang yang tidak pernah mau mengikuti nasehatnya para kiai serta para ustadz,” pungkas Abdul Aziz.

Selanjutnya, ketua panitia pelaksana isra mi’raj Nasrullah mengatakan, ke depan kegiatan ini bisa lebih meriah lagi, karena tidak lepas dari peran serta Pemerintah Desa Kumalasa bersama seluruh warga dusun kumalasa beserta para tokoh masyarakat dan agama untuk memberikan dukungan dalam memeriahkan hari besar keagamaan.

“Seluruh panitia penyelenggara peringatan ini mengaku, sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini dengan sukses, karena semata-mata untuk membesarkan junjungan Nabi Muhammad SAW. Antusias dari seluruh masyarakat dusun kumalasa terlihat sampai memenuhi halaman depan masjid baiturrahman. (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here