RUTAN KELAS IIB WATES GANDENG PUSKESMAS WATES UNTUK PEMERIKSAAN KESEHATAN PETUGAS DAN...

RUTAN KELAS IIB WATES GANDENG PUSKESMAS WATES UNTUK PEMERIKSAAN KESEHATAN PETUGAS DAN WARGA BINAAN

51
0
SHARE

Jogjakarta, peloporkrimsus.com – Demi mewujudkan kesehatan Petugas dan Pelayanan Kesehatan yang baik bagi Warga Binaan Pemasyaraatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates mengadakan kegiatan pemeriksaan Kesehatan yang meliputi pemeriksaan GDS, Screning dan Penyuluhan Kesehatan yang bertempat di Aula Bawah Rutan Kelas IIB Wates, Senin 18 nopember 2019

Dalam pelaksanaan kegiatan itu Rutan Kelas IIB Wates bekerjasama sama dengan Puskesmas Wates. Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini diikuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wates dengan UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat.

Pelayanan kesehatan yang diberikan merupakan salah satu pemenuhan Hak Asasi Manusia dari Negara kepada warganya. Pelayanan kesehatan merupakan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative dibidang kesehatan bagi petugas dan Warga Binaan di Rumah Tahanan Negara.

“Dalam mewujudkan Pelayanan Kesehatan yang baik bagi Petugas maupun Warga Binaan tidak terlepas dari kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan di dalam Rutan maka dari itu kami menggandeng Puskesmas Wates untuk ikut mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima” jelas Deny Fajariyanto, Kepala Rutan Kelas IIB Wates.

Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Kepala UPT Puskesmas Wates dr. Eko Damayanti MPH dan oleh Kepala Rutan Kelas IIB Wates Deny Fajariyanto.

Dilanjutkan dengan pemberian pengarahan dari pihak Puskesmas Wates mengenai Penyakit Tidak Menular (PTM) dan sedikit penjelasan mengenai Hipertensi.

Setelah dilakukan pengarahan dilakukan dengan kegiatan Screning yang dilaksanakan oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Wates. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Pelayanan Konsultasi Kesehatan bagi Petugas dan Warga Binaan, jadi dalam hal ini Petugas dan Warga Binaan diberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan mengenai kesehatanya.

Saat ini Jumlah Petugas Rutan Kelas IIB Wates adalah 70 Orang dan Jumlah Warga Binaan adalah 67 Orang dengan Rincian 25 Narapidana dan 42 Tahanan. Sedangkan untuk petugas kesehatan hanya terdapat Seorang Petugas saja.

Jadi untuk mencapai ideal pelayanan kesehatan masih jauh dengan ditangani oleh satu orang Petugas Kesehatan. Meskipun demikian, Rutan Kelas IIB Wates senantiasa melakukan pelayanan kesehatan tersebut secara maksimal dengan menjalin sinergitas dengan berbagai pihak.(her.fer)

LEAVE A REPLY