Home Berita BPBD Evakuasi dan Koordinasi Penanggulangan Banjir di Karang Bintang

BPBD Evakuasi dan Koordinasi Penanggulangan Banjir di Karang Bintang

75
0

Peloporkrimsus.com – Tanah Bumbu, 12 Februari 2024-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) aktif melakukan evakuasi dan koordinasi penanggulangan banjir yang melanda Kecamatan Karang Bintang.

Menurut laporan Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Sulhadi, bencana banjir ini terjadi sejak Jumat (2/2/2024) dari pukul 07.00 hingga 23.00 WITA di beberapa lokasi, termasuk Desa Selaselilau RT 01, RT 02, RT 03, dan RT 04, serta Desa Karang Bintang RT 03 dan RT 04 di Kecamatan Karang Bintang.

Banjir dipicu oleh meluapnya sungai di Karang Bintang akibat kiriman air dari Sungai Mantewe, yang mengakibatkan pemukiman, sawah, dan perkebunan warga terendam.

Di Desa Selaselilau, tinggi mata air mencapai ± 100 cm di permukaan jalan dengan satu rumah yang terendam. Evakuasi dilakukan terhadap 8 jiwa di rumah keluarga dengan total 170 KK terdampak banjir.

BPBD Tanbu bersama Basarnas, aparat desa, warga, dan pihak kecamatan melakukan pemantauan, evakuasi, dan pendataan rumah warga yang tergenang banjir. Kerjasama dengan pihak desa, kecamatan, TNI/Polri, serta Puskesmas Karang Bintang menjadi prioritas dalam upaya penanggulangan.

Sarana dan prasarana yang diturunkan meliputi 1 Unit Mobil Rescue, 1 Unit Mobil Triton, 1 Unit ambulance, 3 Perahu Karet, 4 buah Dayung Perahu, dan 10 buah Leafjacket.

Saat ini, kondisi air belum surut sepenuhnya di Desa Selaselilau, dengan petugas dari BPBD, Kecamatan, Aparat Desa, Babinsa, Polsek, Masyarakat, Dinas Kesehatan (Puskesmas), dan Dinas Sosial berada di lokasi untuk memberikan bantuan dan koordinasi “(Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here