Home Berita Dinsos Kalsel Berikan Perlindungan Terhadap Banjir: Program Kawasan Siaga Bencana di HSS...

Dinsos Kalsel Berikan Perlindungan Terhadap Banjir: Program Kawasan Siaga Bencana di HSS dan Tanah Bumbu

106
0

Tanah Bumbu Kalsel ,peloporkrimsus.com – Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Sosial Kabupaten setempat berkolaborasi untuk meluncurkan Program Kawasan Siaga Bencana di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Tanah Bumbu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Kepala Bidang Kebencanaan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, H Achmadi S Sos, menjelaskan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 11 November 2023 di 11 Kecamatan di Wilayah HSS, dan kemudian dilanjutkan pada tanggal 16 hingga 18 November 2023 di 9 Kecamatan di Tanah Bumbu.

Achmadi menekankan pentingnya persiapan masyarakat dalam mengurangi risiko bencana. “Ketika bencana datang, mereka tidak perlu panik dan tahu harus berbuat apa dan bagaimana. Kita melatih mereka agar siap menghadapi bencana dan melakukan hal-hal yang terbaik untuk menyelamatkan dirinya, keluarganya, dan orang lain,” JelasnyaSelain HSS dan Tanah Bumbu, Program Kawasan Siaga Bencana juga akan diperluas ke Kabupaten Banjar, khususnya untuk mengatasi dampak banjir yang terus berulang akibat hujan deras. Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga akan menjadi bagian dari program ini.

Achmadi menambahkan, “Rute bencana banjir yang terjadi di kawasan atasnya, pasti akan turun ke bawah, yang hal ini jadi Gerak Cepat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial Kalimantan Selatan melakukan langkah-langkah yang strategis.”Dengan program ini, Dinsos Kalsel bertujuan memberikan perlindungan lebih baik terhadap banjir dan bencana lainnya, serta meningkatkan kesiapan dan kesadaran masyarakat dalam menghadapi ancaman alam yang mungkin terjadi di masa depan.(Nata / Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here