Home Berita Pelabuhan Penyeberangan Bawean Kini Dilengkapi Dermaga Moveable Bridge

Pelabuhan Penyeberangan Bawean Kini Dilengkapi Dermaga Moveable Bridge

424
0

Gresik,peloporkrimsus.com- Pelabuhan penyeberangan Kapal milik Provinsi Jatim di Pulau Bawean sudah selesai pembangunan. Kini Pelabuhan yang menjadi pemberhentian kapal Roro rencana akan segera diresmikan.

Hal tersebut, setelah dilakukan uji coba sandar Kapal jenis Roro Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Gili Iyang di Pelabuhan tersebut, Jum’at (31/3/2023).

Rencananya, pelabuhan ini akan melayani lintas wilayah hingga ke Kalimantan dengan dua armada Kapal Roro KMP Gili Iyang, dan Drajat Paciran.

Kepala UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Lamongan Achmad Fadil, ST., M.M, mengatakan, setelah melakukan uji coba kapal KMP Gili Iyang tersebut untuk bersandar di pelabuhan yang baru, pihaknya akan berkoordinasi bersama Pemprov Jatim dan Pemkab Gresik untuk rencana peresmian sekaligus mengoperasikan jembatan yang dapat bergerak mengikuti pasang surut air laut, agar kendaraan dapat berpindah tempat dari kapal ke dermaga ataupun sebaliknya (Moveable Bridge).

“Rencana pelabuhan tersebut, akan diresmikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa,” ucapnya.

Nantinya, kalau pelabuhan penyeberangan Bawean sudah beroperasi, pelabuhan baru ini akan melayani kapal yang rute dari Lamongan – Bawean maupun sebaliknya serta tambahan rute ke Baur Kalimantan. Sedangkan untuk rute Gresik – Bawean masih tetap menggunakan di pelabuhan lama milik Pemkab Gresik, ujar Achmad Fadil.

Sekedar informasi, dermaga yang berada di pelabuhan baru tersebut sudah menggunakan sistem dermaga moveable bridge untuk ramp door kapal yang dibangun dengan APBD Provinsi Jatim. (Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here