Home Berita Penggelapan Dana Perusahaan di Batulicin Terungkap, Pelaku Ditangkap oleh Polisi

Penggelapan Dana Perusahaan di Batulicin Terungkap, Pelaku Ditangkap oleh Polisi

620
0

Batulicin,peloporkrimsus.com – 1 September 2023 – Unit Reskrim Polsek Batulicin Polres Tanah Bumbu berhasil mengungkap kasus penggelapan dana perusahaan yang terjadi di PT. OBOR BARU MAJU. Pelaku utama, Hasan Ismail bin Rusli (23), telah berhasil ditangkap setelah penyelidikan intensif.

Iptu JSinaga mengatakan kejadian berawal dari hasil audit internal pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 pukul 14.00 WITA di kantor gudang PT. OBOR BARU MAJU, Jalan Raya Batulicin Rt 13. Dalam hasil audit tersebut, terungkap bahwa seorang sales bernama Hasan Ismail telah melakukan tindak pidana penggelapan dana perusahaan. Hasan tidak melakukan penyetoran uang dari pembayaran toko-toko yang membeli produk makanan dan minuman dari PT. OBOR BARU MAJU. Perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp 293.000.000,- akibat perbuatan tersebut.

Dalam laporan tersebut, PT. OBOR BARU MAJU sebagai korban melaporkan kasus ini ke Polsek Batulicin untuk tindakan hukum lebih lanjut. Setelah mendapatkan laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Batulicin segera melakukan penyelidikan intensif.

Puncak penangkapan terjadi pada hari Rabu, 30 Agustus 2023 sekitar pukul 10.00 Wita. Polisi berhasil menangkap pelaku, Hasan Ismail bin Rusli, di rumahnya di Jalan AMD Rt.03 Rw.01 Desa Suka Maju Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Pelaku yang lahir pada 17 Maret 2000 ini merupakan seorang karyawan swasta.

Kapolsek Batulicin, Ipda Kusnis mengatakan pelaku telah diamankan di Polsek Batulicin untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Dalam tindakannya, pelaku dijerat dengan Pasal 374 KUHP dengan ancaman hukuma penjara paling lama lima tahun terkait tindak pidana penggelapan dalam jabatan.

Kasus ini menjadi peringatan bagi perusahaan-perusahaan lain untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian internal guna mencegah tindak pidana serupa. Polisi berharap tindakan tegas ini akan memberikan efek jera bagi para pelaku kejahatan ekonomi di wilayah ini. (Nata/team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here