Home Berita Columnar Joint Asli Buatan Alam Ditemukan di Pulau Bawean.

Columnar Joint Asli Buatan Alam Ditemukan di Pulau Bawean.

320
0

Gresik,peloporkrimsus.com – Pulau Bawean yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Putri banyak menyimpan sejuta misteri, namun hal ini tidak membuat pihak-pihak terkait ingin tahu lebih dalam dan mau peduli. Hal ini ditemukan Rekahan tiang batu (Columnar Joint) berbentuk seragam di lokasi bekas penambangan batu dan pasir milik warga setempat yang berada Dusun Tanjunganyar, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik Jawa Timur di pulau Bawean.

Pulau Bawean merupakan geopark atau sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya, dimana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam.

Dari hasil survei salah satu aktivis penggiat lingkungan dan alam, Bung Heri yang mengkhususkan di bidang Speleologi dan Konservasi mengatakan, penyelidikan sementara bentukan yang menyerupai susunan Tiang Batu yang barusan ditemukan di wilayah Dusun Tanjunganyar, Desa Lebak adalah Formasi Geologinya berupa “Columnar Joint”, Formasi ini ditandai dengan batuan-batuan gunung berapi yang bertumpuk secara alami baik dengan volume besar dan kecil, Jum’at (13/1/2023).

“Formasi ini juga menandakan sebagai bukti bahwa secara umum Pulau Bawean jelas-jelas adalah Gunung Berapi, dan masih banyak lagi bukti-bukti geologi yang membuktikan bahwa Pulau ini adalah Pulau Gunung Berapi, ungkap Bung Heri.

Lebih lanjut, Bung Heri menambahkan jika lokasi tersebut bila secara kreatif dikelola oleh Pemerintah Desa setempat dengan tujuan Wisata Spot Fotografi Instagramable memungkinkan menambah income bagi masyarakat sekitar.

“Bali dikenal dengan Pulau Dewata, begitu juga Bawean sudah tersohor dengan sebutan Pulau Putri (Dewi). Kalau kita bersama-sama mau peduli dan saling menjaga pulau Bawean yang sudah cantik dan alami, maka hal tersebut secara otomatis akan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di pulau Bawean itu sendiri, pungkasnya.(Fairi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here