Home Berita Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu Melakukan Penyerahan Hadiah bagi Para Pemenang...

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu Melakukan Penyerahan Hadiah bagi Para Pemenang Lomba P2L

11
0

Tanah Bumbu,peloporkrimsus.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penyerahan hadiah bagi Para Pemenang Lomba P2L (Pekarangan Pangan Lestari) Tk. Kabupaten bertempat di Ruang Bersujud Kantor Bupati Tanbu, Senin (15/11).

Tujuan dari diadakannya lomba ini agar bisa meningkatkan ketersediaan sayuran dan buah untuk menjaga protein dan aksebilitas ketahanan pangan dalam rumah tangga.

Disamping itu, guna meningkatkan pendapatan rumah tangga dari penyediaan pangan yang berorientasi pasar dengan merujuk pada meningkatkan gizi keluarga dan agar dapat mencegah dari adanya bahan yang berbahaya seperti pestisida dan bahan kimia lainnya ungkap Erna Kalsum selaku Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan.

“Adanya warung hidup di sekitar kita melalui pemanfaatan pekarangan tentu hal ini di harapkan mampu menekan biaya pengeluaran rumah tangga serta keamanan pangan bagi keluarga lebih terjamin,” kata Erna.

Penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba P2L dimulai sekitar Pukul 09:00 Wita, diserahkan setelah kegiatan tausiah pada Senin (15/11)

Pemenang Lomba P2L Tk. Kabupaten yaitu Juara 1 diraih oleh KWT (kelompok wanita tani) Mustika Makmur Kecamatan Kuranji Desa Mustika. Juara ke 2 diraih oleh KWT Srikandi Kecamatan Sungai Loban Desa Wana Sari. Sedangakan Juara ke 3 diraih oleh KWT Mekar Asri Kecamatan Satui Desa Tegal Sari.

Diantaranya menurut informasi yang disampaikan kepada awak media Reportase9 yaitu KWT Juara 1 dan Juara 2 merupakan KWT yang mendapat bantuan dari dana APBN Tahun Anggaran 2021 sedangkan Juara 3 merupakan KWT yang mendapat bantuan dari Dana DAK NON FISIK Tahun 2021.

Dari hasil lomba ini, maka bagi KWT Mustika Makmur Desa Mustika Kec. Kuranji akan menjadi Perwakilan Kabupaten Tanah Bumbu untuk mengikuti Lomba P2L (Pekarangan Pangan Lestari) Tk. Provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 November 2021.

“Kegiatan ini dilakasanakan secara berjenjang, dari Tk. Kabupaten, Tk. Provinsi hingga Tk. Nasional,”ujarnya.

Harapan kami kata Erna, dengan adanya program ini masyarakat bisa mendapatkan dan mengkonsumsi sayuran yang mutu dan keamanannya terjamin guna pemenuhan asupan gizi keluarga.

Kendala yang ada dari pengamatan yang disampaikan oleh Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketanahan Pangan Kab Tanbu, bahwa masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan pekarangannya.

“Kami juga sudah sosialisasikan kepada masyarakat terkait pemanfaatan pekarangannya. Harapan kami kepada masyarakat agar mau dan tau untuk memanfaatkan pekaranganya,” pungkasnya.

Ibu TP PKK Desa Mustika, Sartika Putri Astriyani mengatakan bahwa dengan diadakannya Lomba P2L tersebut menjadi motinasi dn semangat bagi KWT dan anggotanya untuk menjadi lebih baik.

“Kami sangat berterimakasi atas bantuan yang diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan serta pembinaan yang intens yang diberikan kepada desa kami yang kini menjadi berkembang dalam pemanfaatan pekarangan melalui program P2L sehingga KWT Mustika makmur mendapatkan Prestasi Juara 1. Bantuan tersebut lah yg membuat Ketua dan kelompok terpupuk untuk lebih baik lagi, kami juga terbantu dengan adanya KWT yang semakin aktif warga tidak susah mendapatkan sayur untuk konsumsi rumah tangga untuk pemenuhan gizi keluarga ” ucapnya. (team)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here